Seringkali siswa suka merasa jenuh dan bosan saat belajar. Kejenuhan inilah yang menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Masalah ini muncul karena kurang menariknya materi belajar yang disampaikan dan cara menyampaikannya yang terlalu monoton. Turunnya minat belajar siswa menyebabkan hasil pembelajaran mereka juga menurun yang dapat dilihat melalui nilai akademik siswa yang menurun.
Untuk mengatasi kejenuhan belajar ini, guru perlu memperhatikan siswa lebih dalam. Apabila dirasa banyak siswa yang merasa cepat jenuh dengan metode pembelajaran yang disampaikan, maka guru harus mengganti cara mengajarnya. Guru tidak bisa hanya mengandalkan metode ceramah dan mencatat saja, namun harus divariatif dan dikombinasi untuk membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Beberapa teknik pembelajaran yang dapat dikombinasikan yaitu seperti teknik pembelajaran aktif yang berupa diskusi kelompok, pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan, pembelajaran yang dikombinasikan dengan teknologi seperti media audio-visual, dan lainnya.
Dengan mengombinasikan cara-cara yang variatif dan kreatif, maka siswa akan terlibat secara langsung dalam proses pembelajarannya, dan merasa tertarik dan tidak mudah bosan. Metode yang dipakai setiap kelaspun dapat beragam, dan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru yang dapat mengolah materi pelajaran menjadi kegiatan yang menarik akan membuat siswa merasa bahwa belajar bukan lagi beban namun sesuatu yang menyenangkan dan meningkatkan rasa ingin tahu siswa.